5 Jenis Hacker di Dunia IT

Hacker atau peretas adalah individu atau kelompok yang berusaha mengeksploitasi kerentanan untuk keuntungan pribadi atau keuangan.

5 Jenis Hacker di Dunia IT


www.summary.my.id - Hacker atau peretas adalah individu atau kelompok yang berusaha mengeksploitasi kerentanan untuk keuntungan pribadi atau keuangan. Penyerang tertarik pada segala hal, dari kartu kredit hingga desain produk dan apa pun yang berharga. Saat ini hacker sering dikaitkan sebagai penjahat cyber yang akan merugian banyak pihak. Namun pada kenyataannya, tidak semua peretas menggunakan skill mereka untuk tujuan yang buruk.  Bahkan saat ini banyak perusahaan yang meminta bantuan peretas untuk menjaga keamanan sistem, mencari kelemahan sistem, atau membantu pengembangan sistem. Untuk lebih jelasnya berikut adalah 5 jenis hacker yang perlu anda ketahui. 
  1.  Script Kiddie

    Mereka biasanya adalah penyerang dengan sedikit keahlian atau tidak memiliki keahlian, sering menggunakan alat bantu yang ada atau petunjuk yang ditemukan di Internet untuk melancarkan serangan. Beberapa di antaranya hanya ingin tahu, sementara yang lainnya berusaha untuk menunjukkan keahlian mereka dan menyebabkan kerugian. Mereka mungkin menggunakan alat bantu standar, namun hasilnya tetap dapat destruktif.
  2.  White Hat 

    Mereka adalah peretas beretika yang menggunakan keahlian mereka untuk tujuan yang baik, etis, dan sah. White hat dapat melakukan uji penyusupan jaringan dalam upaya untuk merusak jaringan dan sistem menggunakan pengetahuan mereka tentang sistem keamanan untuk menemukan kerentanan keamanan. Kerentanan itu dilaporkan kepada pengembang agar meraka dapat melakukan perbaikan sebeleum kerentanan menjadi ancaman. Beberapa organisasi memberikan imbalan atau hadiah bagi peretas topi putih atau white hat bila mereka memberikan informasi tentang kerentanan.
     
  3. Black Hat

    Mereka adalah peretas tidak etis yang meretas sistem keamanan untuk keuntungan pribadi, atau untuk alasan berbahaya seperti menyerang jaringan. Peretas jahat mengeksploitasi kerentanan untuk merusak sistem keamanan komputer dan jaringan. 

  4. Grey Hat

    Peretas yang melakukan kejahatan dan berbagai tindakan tidak etis, namun bukan untuk keuntungan pribadi atau untuk menimbulkan kerusakan. Contohnya adalah orang yang masuk ke jaringan tanpa izin, lalu mengungkap kerentanan kepada publik, peretas abu-abu dapat mengungkapkan kerentanan kepada organisasi yang terpengaruh setelah menyusup ke jaringan organisasi tersebut. Ini memungkinkan organisasi tersebut untuk memperbaiki masalah.

  5. Peretas Terorganisasi 

    Peretas ini mencakup organisasi penjahat cyber, hacktivis, teroris, dan peretas yang didukung negara. Pelaku kejahatan cyber biasanya adalah kelompok penjahat profesional yang berfokus untuk mendapatkan kontrol, kekuasaan, dan kekayaan. Penjahat ini sangat canggih dan teratur, dan mereka bahkan dapat memberikan kejahatan cyber sebagai layanan untuk penjahat lainnya. Hacktivis membuat pernyataan politik untuk menciptakan kesadaran akan masalah yang penting bagi mereka. Penyerang yang didukung negara mengumpulkan informasi atau melakukan sabotase atas nama pemerintah mereka. Penyerang ini biasanya sangat terlatih dan didanai, dan serangan mereka fokus pada sasaran tertentu yang bermanfaat bagi pemerintah mereka.
     
     
    Itulah tadi 5 jenis hacker, tidak semua hacker memiliki tujuan negatif karena mengutamakan keuntungan pribadi. Namun ada juga hacker yang memiliki tujuan positif untuk membantu mengatasi masalah keamanan.

About the Author

Seorang yang hobi nulis dan hobi berbagi kebaikan❣️

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menggunakan cookies di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokir iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar putih pada plugin pemblokir iklan Anda..
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.