15 Cara Menghemat Baterai HP Terbaru 2022

Kenapa sih baterai hp cepat habis. Hp yang memiliki kapasitas besar tentu akan lebih hemat baterai. Tapi jika baterai hp habis lebih cepat dari biasan
Menghemat Baterai

www.summary.my.id - Untuk kamu yang sepanjang hari tidak bisa lepas dari Smartphone saat melakukan aktivitas, wajib tahu nih cara menghemat baterai agar tidak boros. Kamu pasti pernah merasakan tiba-tiba smartphone kamu menjadi boros dan cepat habis, padahal sebelumnya baterai masih cukup awet. Berbagai smartphone pasti pernah merasakannya seperti Xiomi, Oppo, Samsung, Asus, lalu bagaimana cara mengatasinya? tenang, kali ini saya akan membuatkan solusinya.

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Pertama saya akan jelaskan dulu kenapa sih baterai hp cepat habis. Hp yang memiliki kapasitas besar tentu akan lebih hemat baterai. Tapi jika baterai hp habis lebih cepat dari biasanya, maka harus diidentifikasi penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab baterai hp cepat habis.

1. Kecerahan layar

Semakin cerah layar kamu, maka akan semakin cepat baterai habis. Solusinya kamu bisa mengurangi kecerahan layar atau masuk ke mode gelap(dark mode).

2. Sinyal yang buruk

Sinyal yang buruk membuat hp kamu bekerja lebih keras, karena mencari pemancar sinyal terdekat. Jika kalian berada di daerah yang sinyalnya buruk kemungkinan baterai kalian akan cepat habis. Jika seperti itu kalian bisa coba mengaktifkan mode pesawat.

3. Aplikasi dan latar belakang

Banyak aplikasi yang menghabiskan baterai seperti Youtube, Netflix, ataupun layanan streaming lainnya. Jika kalian hobby bermain game, saya sarankan memilih smartphone dengan spek baterai yang tinggi, terlebih lagi jika gamenya membutuhkan grafis yang tinggi.

4. Penggunaan GPS, Wifi, dan Bluetooth

Penggunaan GPS, Wifi, dan Bluetooth menjadi salah satu penyebab baterai cepat habis. Misalnya Gps, fitur ini melacak lokasi secara real-time, jika diaktifkan terus-menerus maka akan membuat baterai cepat habis. Saya sarankan untuk tidak menggunakan Gps jika memang tidak terlalu dibutuhkan.

5. Baterai rusak

Yang teriakhir bisa saja baterai kamu cepat habis karena mengalami kerusakan fisik. Memang merepotkan jika baterai rusak secara fisik, apalagi zaman sekarang baterai hp sudah tidak bisa di lepas pasang seperti dulu.

Cara Menghemat Baterai 2022

Setelah mengetahui penyebab baterai cepat habis, kali ini saya akan menjelaskan cara menghemat baterai.

1. Batasi penggunaan aplikasi

Aplikasi yang aktif secara bersamaan bisa menjadi salah satu penyebab baterai kalian cepat habis lho. Kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang atau background.

2. Hati-hati saat install aplikasi

Hati-hati saat menginstall aplikasi dan baca baik-baik akses apa saja yang dibutuhkan. Beberapa aplikasi dapat membuat baterai hp kamu cepat habis, itu karena terus-terusan melakukan ping lokasi hp kalian. Itu biasanya karena aplikasi membutuhkan akses lokasi.

3. Non-aktifkan aplikasi bawaan

Zaman sekarang hampir semua vendor smartphone menyematkan bloatware atau aplikasi bawaan. Jika hp kamu Xiomi atau merek lainnya, cobalah non-aktifkan bloatware dengan masuk ke menu Setting > Apps > Pilih aplikasi > Disable.

4. Power saving mode 

Jika kamu menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android lollipop, kamu bisa menghemat baterai dengan masuk ke fitur Saving Mode. Dengan menggunakan fitur ini fungsi smartphone yang mengonsumsi baterao akan dibatasi, seperti kecerahan layar, koneksi internet, wifi, dan lokasi. Cara mengaktifkannya kalian bisa masuk ke Setting > Battery > Battery Saver pada pengaturan smartphone kalian.

5. Gunakan dark mode

Sepertinya hampir semua smartphone zaman sekarang sudang dilengkapi dark mode. Fitur ini akan membuat tampilan layar kamu menjadi lebih gelap sehingga mengurangi konsumsi baterai.

6. Jangan menggunakan live wallpaper

Walaupun live wallpaper membuat smartphone menjadi lebih keren, tapi akan berimbas pada daya tahan baterai kalian. Live wallpaper akan menginsumsi lebih bayak daya baterai dibandingkan wallpaper biasa dan akan membuat baterai menjadi boros.

7. Hindari auto-brightness

Walaupun auto brightness memudahkan kalian saat melihat layar di berbagai lingkungan. Tetapi tampilan layar yang terlalu terang menjadi penyebab baterai boros, semakin terang layar tentunya akan semakin banyak daya baterai yang digunakan.

8. Gunakan charger original

Penggunaan charger original akan sangat berpengaruh pada umur baterai kalian lho. Gunakan juga charger fast charging agar pengisian menjadi lebih cepat.

9. Melakukan Tweak Wifi

Smartphone terbaru umumnya memiliki fitur mencari wifi otomatis, jadi ketika ada jaringan wifi akan melacaknya dan terhubung.  Kalian bisa mengaturnya agar melakukan scanning pada saat wifi dinyalakan saja. Untuk caranya kalian bisa masuk ke Settings > WiFi > More > Always allow scanning > Scan only while WiFi is On.

10. Matikan internet atau gunakan mode pesawat

ketika kalian sibuk dan tidak menggunakan smartphone, kalian bisa pertimbangkan untuk meninaktifkan internet atau mengaktifkan mode pesawat untuk menghemat baterai kalian. Kalian bisa gunakan fitur ini jika kalian tidak sedang ingin di ganggu.

11. Mengatur waktu tidur smartphone

Smartphone memiliki pengaturan batasan waktu tidur, maksudnya jika ponsel sudah digunakan maka dalam waktu tertentu ponsel akan tertidur atau layar akan otomatis mati. Idealnya waktu tidur ponsel umumnya sekitar 2 menit.

12. Matikan data push

Jika hp kalian iPhone, mungkin cara ini bisa dicoba. kalian bisa mematikan fitur data push yang menyala secara default. Pengaturan ini akan mengunduh semua email atau data apapun ke dalam akun email kalian dan tentunya itu menguras baterai kalian. Untuk mematikannya kalian bisa masuk ke Setting > Mail > Accounts > Fetch New Data > Push.

13. Matikan fitness tracking

Jika kalian menggunakan iPhone 5S keatas, cobalah untuk mematikan fitness tracking. Fitness tracking adalah pengaturan untuk membaca kegiatan kesehatan kalian saat melakukan fitnes. Pengaturan ini menyala secara default, untuk mematikannya kalian bisa masuk ke Setting - Privacy - Motion & Fitness - Fitness Tracking.

14. Matikan Airdrop

Fitur ini ada pada iPhone versi iOS 7 keatas. Untuk cara mematikannya kalian tinggal usap layar dari bawah keatas, setelah itu klik AirDrop dan pilih Receiving Off.

15. Matikan location service

Baterai iPhone kalian cepat habis? kalian bisa coba matikan servis lokasi yang menyala secara default pada iPhone. Caranya kalian bisa masuk ke Setting > Privacy  > Location Service, setelah itu akan muncul banyak aplikasi, pilih while using pada setiap aplikasi untuk menghemat baterai.

Nah itulah cara untuk menghemat baterai smartphone. Jjka baterai kalian cepat habis, kalian bisa praktekan cara diatas. Selamat mencoba.

About the Author

Seorang yang hobi nulis dan hobi berbagi kebaikan❣️

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menggunakan cookies di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokir iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar putih pada plugin pemblokir iklan Anda..
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.